Macet itu salah siapa?


Yup, tulisan ini sebenarnya berawal dari apa yang gue pelajarin di kampus, yaitu berpikir kritis; dan apa yang gue derita, yaitu macet.

Jadi gini..

Rumah gue menuju kampus sebenernya cuma butuh kurang lebih setengah jam lah, yaa kasarnya boleh tambah-tambahin dikit deh.. TAPIII… entah kenapa ya kadang bisa sampe satu jam lebih. Ternyataaa setelah gue simak, resapi, dan hayati, ternyata yah macetnya itu gara-gara ada salah satu sekolah ELIT gitu deh yang kayanya hampir semua muridnya pakai mobil pribadi yang dianter jemput sama sopir pribadinya. Dan lebih indahnya lagi, jalan raya yang gak gede-gede banget itu juga dilewati sama Metro Mini 53, jadilah = MACET



Bete sih jelas, tapi mau gimance? Itu udah jadi jalan utama gue menuju kampus perjuangan yang tercinta *muah. Kalau mau muter, ya lumayan jauh dan nambah ongkos. Tapi mau dijabanin lewat jalan raya itu juga macetnya ashooy braaay.. Gue pernah berangkat naik metro mini 53 sampai PP yang itu hanya membutuhkan waktu 15 menitanlah normalnya, tapi pagi itu gue ngabisin waktu sampai satu jam. Gile gak tuh, kurang sabar apa gue sama kejamnya Jakarta.

Kesel banget sih sama para murid sekolah elit itu yang pake mobil pribadi, bikin macetnya perfect bener. Makin gedegnya lagi, satu mobil isinya paling kalo gak dua orang, ya tiga orang. Dan yang bawa mobil pribadi itu banyak yah jumlahnya. Belom lagi ditambah sama orang-orang kantoran yang lewat situ, yang mayoritas isinya cuma seorang semobil. Kenapaaa gitu ya mereka gak naik angkutan umum aja? Atau paling gak naik motor aja gitu? Toh cuma satu atau dua orang doang yang pakai mobil.



Tapi setelah gue pikir-pikir, gak sepenuhnya salah mereka juga sih pakai mobil pribadi. Kalau mau ngomong realita, ya “toh mereka yang punya duit”, “toh mereka kaya masa gak boleh nikmatin mobil”, atau “kan biar nyaman dan aman”. Yaa memang siih.. Dan kalau dibayangkan mereka semua disuruh pakai angkutan umum yang yaah bisa kalian nilai sendiri sarana dan prasarana angkutan umum di negara kita itu kaya apa. Jangan bandingin deh sama negara lain yang udah punya kereta bawah tanah, kereta express atau lainnya yang terawat dan bagus. Bisa nangis darah kita gara-gara ngiri sama mereka. Selain itu, banyak juga negara yang pemerintahnya melarang penduduknya untuk memakai kendaraan pribadi dengan beberapa pengecualian. Wajar aja kalau mereka jarang macet, penduduknya mau naik angkutan umum, wong angkutan umumnya bagus-bagus, aman, canggih, cepat lagi, pemerintahnya pun juga care. Lah kita, udah rentan penjahat, desak-desakan, kendaraannya cuma kendaraan bekas dari negara orang yang cuma dicet ulang, udah gitu, tetep macet lagi. Siapa mau? Orang berduit pasti lebih milih naik mobil pribadi mereka. Atau orang biasa pun lebih memilih naik motor, yang sekarang pun juga jadi faktor kemacetan karena saking banyaknya jumlah pengendara motor.



Jadi bingung kan siapa yang mau disalahin? Para pengguna kendaraan pribadi ataukah pemerintah yang kurang care kayanya sama angkutan umum di negara kita?

Tapi sih, yang penting : Penulis mau minta maaf yang sebesar-besarnya kalau labil 
 dalam penulisan post ini. 

Abis orang kite begitu sih, bikin labil mau nyalahin siapa. Intinya gue mau berdo’a semoga negara kita Jakarta khususnya gak macet lagi kelak. Amiiin J Oke sekian dari saya, Wassalam :D

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Beauty Review] Mustika Ratu Penyubur Rambut Hair Tonic

Rooftop Prince dan Raja Gyeongjong

[Beauty Review] Watsons Milk Yoghurt Lotion