Rooftop Prince dan Raja Gyeongjong

Baru aja nih gue kelar nonton serial drama korea, judulnya "Rooftop Prince", bukan karena gue korea holic atau apalah yee, ini nih temen gue maksa gue banget nonton beginian, yaudah mumpung lagi jadi pengangguran 3 bulan, yaudah sambit aja!


Awalnya nih ya, rada gak minat gitu, apalagi pas baru nonton episode pertama itu, tentang drama-drama kerajaan jaman dulu gitu.Tentang nikahan raja, kematian putri makhota, yah pokoknya yang begono-begono deh.. Haduh gue sebenernya anti banget nih sama yang beginian, dari dulu mencoba menonton, ceritanya nyoba nyari tau gitu kenapa cewe-cewe pada suka nonton drama kerajaan-kerajaan korea gitu. Tetep aja lama-lama bosen, entah ya karena ceritanya atau karena aktornya gara-gara pake baju kerajaan gitu jadi di mata gue ga ada yang menawan di hati. Halaah..

Akhirnya gue lanjut aja deh mencoba nonton ke episode kedua. Ternyata eh ternyata.. Bersyukurlah gue, karena ini ternyata perpaduan antara cerita kerajaan jaman bahela sama masa kini. Kalo penasaran sok atuh di cek trailernya..





Alkisah, hiduplah seorang Pangeran bernama Pangeran Lee Gak pada zaman dinasti Joseon (udah kaya cerita di dongeng belom? :p), dia hidup besama Putri Mahkota (entah siapa gue gak tau namanya :D). Putri Mahkota itu punya adik cewe namanya Bu Yong. Entah kenapa tiba-tiba si Putri Mahkota itu meninggal, posisinya sih ngambang gitu di kolam :p

Nah, mencak-mencak deh tuh si Raja, akhirnya dia mau bales dendam gitu deh sama cari tau penyebab kematian si Putri. Dia sama tiga orang yaa.. sebut aja pengawal khusus, buat nyari tau tentang itu. Waktu lagi nyari tau, tiba-tiba ada kelompok penyerang gitu, karena kalah jumlah, akhirnya mereka kabur. Pas lagi kabur dan melompati jurang dan membentuk bayangan di depan bulan purnama.. haiiishhh (ini serius) awan tebal datang menyelimuti mereka, dan treeeng! tiba-tiba mereka muncul di abad 21, tepatnya di rumah atapnya sebutir cewe, namanya Park Ha, bukan paha ya. Terpaksa deh mereka harus menyesuaikan diri sama jaman. Berhasil gak yaaa..




Udah ya sekilas aja itu ceritanya, kalo gue ceritain lengkapnya ngeri tenar gue gara-gara jadi penulis novel dadakan.

Makanya ceritanya jadi menarik buat gue, soalnya itu Pangeran udah ngelewatin 300 tahun buat ke jaman sekarang. Tapi selain itu, ada yang lebih menarik lagi. Pas gue selesai nonton, entah kenapa ya jiwa bersejarah gue keluar. Gue pengen tau aja gitu tentang dinasti Joseon. Daaan gue menemukan info menarik! (Sebenernya supaya obrolannya nyambung, mending pada nonton dulu pilemnya -_-)

Ternyata film Rooftop Prince ini beberapa bagiannya diambil dari kisah nyata seorang Raja pada jaman dinasti Joseon. Namanya Raja Gyeongjong. Waktu jaman dinasti Joseon itu emang banyak konflik internal kaya perebutan kekuasaan gitu, nah sama nih kaya di film ini.

Terus tokoh utama kita kan namanya pangeran Lee Gak, nah sebenernya nama Lee Gak itu diambil dari gelar anumerta "Gakgong Agung" diberikan oleh Dinasti Qing untuk Gyeongjong. Dan, istri pertamanya, Putri Mahkota, meninggal 2 tahun sebelum ia naik tahta, dan diberi gelar anumerta Ratu Danui. Ya sama gitu ceritanya kaya yang gue ceritain tadi kalo si Putri Mahkota meninggal.


Pada episode-episode berikutnya, ada juga cerita tentang Lee Gak atau Tae Yong (disini dia juga nyamar jadi Tae Yong si cucu pengusaha kaya raya, jadi namanya 2) dia alergi sama kepiting kecap karena dia pernah hampir mati karena itu. Eh, sepupunya yang jahat, Tae Mu, tau tentang itu terus dia ngasih Lee Gak kepiting itu. Ini sama ceritanya kaya rumor di dinasti Joseon kalau Raja Gyeongjong meninggal setelah makan kepiting kecap dan kesemek kering, yang rumornya lagi itu gara-gara akal bulusnya saudara tirinya sendiri, namanya Pangeran Yeongjo soalnya dia mau merebut tahta Raja. Kesemek kering itu pun juga ada dalam drama ini, yang ternyata juga gara-gara akal jahatnya Pangeran Yeongjo. 

Di episode lainnya pun, Putra Mahkota, Park Ha dan trionya mengungkapkan usia mereka masing-masing. Saat menghitung usia Putra Mahkota dalam arti saat ini, memberikan pengungkapan dari 24 tahun, dia akan lahir pada tahun 1988, kebetulan itu persis usia Gyeongjong 300 tahun yang lalu. (Yang ini gue copas, dan masih gak ngerti gimana cara dapetinnya).

Jadi intinya, gue kagum sama yang nulis cerita! Karena dia bisa menyajikan cerita masa kini berdasarkan sejarah yang ada. Jadi bikin nyambi, nonton drama nyambi belajar sejarah :D Masih inget sama kata-kata terakhir di film itu, "Bahkan jika 300 tahun berlalu, aku masih mencintaimu." Sadis tenaaaan..

Eh terakhir, kalo dibayangin lagi ya, kan Lee Gak 300 tahun yang lalu idupnya, Park Ha udah di jaman 2012, jadi si Park Ha demen sama kakeknya kakeknya kakeknya kakeknya kakeknya lagi ternyata? Waduuh udahlah yaa tamat aja tulisan ini :p
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Beauty Review] Mustika Ratu Penyubur Rambut Hair Tonic

[Beauty Review] Watsons Milk Yoghurt Lotion