Lambang Sahabat






Yak, ini adalah salah satu tulisan gue lagi waktu kelas 2 SMP. Sengaja gue post disini, daripada dipendem terus di PC kan gak guna :D Jadi maaf ya kalo isinya rada-rada gak jelas, namanya juga amatir hehe.. oke, let's read!

“D
it, bangun! Itu temen-temen kamu datang tuh, pada nungguin di depan,” kata ibu Lasmi membangunkan anak angkatnya. Didit adalah kelas dua SMA yang tinggal di panti asuhan. Orangnya manieez banget, makanya jangan heran kalo’ banyak semut yang ngerubungin dia. Anaknya juga lumayan pinter lho! Coba aja kamu suruh mewarnai gambar, pasti dia bisa. Yah, paling gak itu membuktikan kalo’ dia cukup pinter dalam hal mewarnai. 
“Wah, sepertinya gue mencium aura-aura makhluk bau asem!” kata Aldi. Aldi adalah sahabat Didit. Ia baru kuliah di UNB. Tampangnya sih, lumayan keren, dah gitu anak band lagi! Makanya jangan heran kalo’ banyak cewek yang naksir dia. Bayangin, dari yang masih TK ampe yang udah nenek-nenek aja suka ama dia!
“Iya nih, kayaknya emang ada makhluk bau asem datang ke sini. Uh, baunya kagak nahan meen!” sambung Adit. Adit juga sahabat Didit yang masih SMA. Ia tinggal bersama neneknya di dekat rumah Aldi. Tampangnya, yaa lumayanlah daripada kelindes truk. Tapi, dia itu orangnya rajiiin banget! Maksudnya, rajin ngeledekin orang..
“Enak aja! Ini tuh wangi tau!” kata Didit.
“Beeuh, ketek lu tuh wangi! Jelas-jelas bau asem kayak gitu dibilang wangi.” kata Aldi.
“Eh, kalo’ bau kayak gini aja dibilang wangi, gimana baunya ya?” tanya Adit dengan nada penuh hina.
“Tau neh, mandi sana lu! Dah siang bolong begini juga lu, belum mandi-mandi juga! Katanya mau ikut gue, jalan-jalan nyari hewan piaraan! Gimana sih lu!”
“Iya kakek-kakek, sabar dikit napa’! Gak sabaran banget seh! Lagian sih, datangnya pada pagi-pagi banget, ya jelaslah aku masih tidur.” kata Didit.
“Emmaaakk...! Tengah hari siang bolong begini lu bilang pagi! Wooii... sadar woi, ini tuh dah siang! Dah mandi sana gih, ntar gue juga ikut-ikutan bau lagi kayak lu!” usir Adit dengan tatapan jijai-deh-bo.

“Iye, iye. Tungguin bentar ya, aku mandi dulu!” kata Didit.
Lima belas menit kemudian mereka pun berangkat ke pasar dengan sepeda. Lumayan olahraga di siang hari. Rencananya sih, mereka mau nemenin Aldi nyari hewan piaraan pagi-pagi, soalnya udara di pagi hari kan masih belum panas ‘n masih seger. But, apa boleh buat matanya susah diajak kompromi sih, jadi mereka pada bangun siang deh. Yah, gak pa-palah, yang penting rencana tetep lanjut!
“Dit, kira-kira hewan piaraan apa ya, yang cocok buat gue?” tanya Aldi.
“Mmm... kayaknya hewan yang cocok kalo’ dari segi muka sih, kecoa.” jawabnya sambil memasang muka serius.    
“Serius loe Dit, padahal sih kalo’ menurut gue hewan yang cocok buat Aldi malah tikus.” sambung Adit seperti orang yang sedang berpikir.
“Ha..ha..ha..”
“Makasih..”
Beberapa meter dari situ, Aldi melihat hewan piaraan yang cocok buat ia pelihara.
“Wuiii... lucu banget!” teriak Aldi.
“Tuh kan Dit, bener kata gue. Hewan piaraan yang cocok buat die tuh emang tikus!”
“Enak aja, nggak kok!”
“Nggak salah lagi!” kata Didit.
“Eh, dengerin ya lu pade, ini tuh marmut bukan tikus tau!”
“Yeee... orang itu emang tikus kok! Gimana sih udah gede juga, masa’ gak bisa ngebedain yang mana tikus yang mana marmut!” kata Didit.
“Elu tuh ye, masih bocah ingusan aja lu udah sok ngajarin yang gede!”
“Eh Di, itu tuh emang tikus tau, kalo’ marmut itu lebih lucu!” bela Adit sambil menunjuk ke arah dirinya.
“Yee... dibilangin ini tuh marmut bukan tikus!” kata Aldi.
“Ini tikus bukan marmut Aldi!” kata Adit.
“Kok aku malah jadi ragu ya, ini tikus apa marmut?” kata Didit sambil garuk-garuk kepala.

aaa unyu bangeeeeeeeeeet 

“Ini marmut!”
“Ini tikus!”
“Marmut!”
“Tikus!”
“Marmut!”
“Tikus!”
“Bang, ini tikus apa marmut?” tanya Aldi pada penjual hewan yang masih diragukan apakah itu tikus atau marmut.
“Ini tikuslah, Mas,” jawab penjual sambil berharap tikusnya yang lucu dan imut-imut menurut Aldi itu akan dibeli.
“Ha...ha...ha...”
“Tuh kan, gue bilang juga apa! Itu tuh tikus bukannya marmut! Ngerti! Makanya kalo’ orang keren ngomong tuh lu nurut aja deh, kagak usah pake’ nyela napa’?! Omongan orang keren tuh dijamin bener dan 100% halal dah! Soalnya dah diuji kebenaran dan kehalalannya di Departemen Kesehatan!” kata Adit sampai tidak sadar bahwa ia sudah menurunkan hujan lokal disertai bau mulut yang bisa menyebabkan kematian sementara alias pingsan  yang melanda muka Aldi yang sudah porak-poranda.
“Ya ma’ap! Gue kan gak tau kalo’ itu tuh tikus. Eh, ngomong-ngomong lu tadi pagi kagak sikat gigi ya?”
“Nggak, enak aja! Gue udah sikat gigi kali’ tadi pagi,” jawab Adit.
“Udah deh lu gak usah bo’ong ama gue, muka lo tuh udah kayak kepiting rebus tau gak!” kata Aldi memojokkan Adit yang sudah menghinanya tadi.
“Iya deh, iya. Gua gak sikat gigi tadi pagi, abisnya tadi gua kelupaan, buru-buru tadi. Elo sih datengnya cepet banget!” jawab Adit dengan nada penuh kepasrahan.
“Tapi kok, K’ Aldi bisa tau sih kalo’ K’ Adit itu gak sikat gigi. Wah, jangan-jangan K’ Aldi ngintip K’ Adit pas lagi mandi yaa?” tanya Didit dengan tatapan yang sangat sinis seperti polisi yang sedang menginterogasi seorang maling yang mencuri sebuah TV 24’ in lengkap dengan antena, VCD, DVD, MP3, dan parabolanya.
“Enak aja! Enggaklah, mana mungkin orang smart ‘n keren ini mau ngintip orang gak jelas kayak gini! Lagian, Adit itu kan cowok, mana mungkin gue mau ngintipin dia. Udah gitu, apa sih yang mau diintipin dari dia? Gak ada bagus-bagusnya, body dah kayak ikan teri ke injek rombongan haji gitu!” kata Aldi.
“Iya deh, iya. Body gue tuh emang jelek. But, by the way, anyway, busway, lu tau darimana kalo’ gue kagak sikat gigi tadi pagi?” tanya Adit dengan lagi-lagi penuh dengan nada kepasrahan.
“Mulut loe bau naga..”
“Ha...ha...ha...”
“.....” 
“Mas, tikusnya mau dibeli gak?” tanya penjual tikus itu yang dari tadi melihat tontonan gratis yang sangat mengecewakan penonton.
“Mmm... jadi deh bang! Tiga ya, bang. Yang dua cowok, yang satu cewek!” jawab Aldi.
“Wah, ternyata jodoh emang gak ke mana. Kalo’ jodohnya tikus, ya udah tikus aja, gak usah marmut,” kata Didit.
“Eh nek, diem deh nek, gak usah resek!” kata Aldi.
“Ngomong-ngomong, itu tikus kok kayak kita sih, yang dua cowok yang satu cewek?” tanya Adit sambil berdo’a semoga mukanya tidak ikut sama.
“Iya, ya. Kan K’ Adit ama K’ Aldi cowok, nah kalo’ aku cewek sendirian." kata Didit yang baru menyadari bahwa tikus-tikus itu memang sama kayak mereka dan juga ikut berdo’a semoga mukanya tidak ikut sama.
“He..he.. tikus-tikus ini mau gue jadiin lambang persahabatan kita!”
“Iiiyyy...” Didit yang baru saja medengar Aldi ngomong langsung memasang muka jijay-deh-bo.
“Serius loe, ih, kalo’ gue sih mendingan beli hewan piaraan sendiri deh yang lebih bagusan dikit daripada musti tikus jadi lambang persahabatan kita! Mending tikusnya putih, ini tikus item bo! ” kata Adit sambil memasang muka jijik + sinis = tidak setuju dengan ide Aldi yang ‘_____’ (jawab ‘ndiri!)
“Lu-lu kok pade gak ngedukung gue sih? Gue kan udah rela-relain mecahin celengan ayam gue buat beli tikus-tikus ini yang bakal jadi lambang persahabatan kita!”
Siapa suruh mecahin celengan ayamnye buat beli ini tikus, mending kirim ke rumah gue deh,”  gumam Adit dan Didit yang tidak punya rasa solidaritas yang tinggi dalam hati.
“Lagian kan tikus-tikus ini lucu, mungil, imut-imut lagi! Masa’ loe-loe pade gak suka sih!” kata Aldi yang tidak menyadari bahwa omongannya barusan telah membuat Adit dan Didit merasa jijik yang berlebihan kepada Aldi.
“Iya imut, item mutlak.” gumam Didit dalem ati.
“Iya sih, kalo’ dipikir-pikir tikus-tikus loe lucu, mungil, dan imut-imut, tapi sayang gue malas mikir,” gumam Adit dalem ati.
“Jadi gimana, lu pade setuju kagak ini tikus jadi lambang persahabatan kita?” tanya Aldi.
Mereka berdua pun kompak mengancungkan jempol mereka meski dengan penuh kebohongan dan tatapan penuh hina. Yah.. daripada terjadi banjir lokal gara-gara Aldi nangis karena mereka nolak tikus-tikus kesayangannya gak jadi lambang persahabatan mereka.
Finally, tikus-tikus itu pun menjadi lambang persahabatan mereka meski Adit dan Didit tetep jijay ama tikus-tikus itu.

THE END

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Beauty Review] Mustika Ratu Penyubur Rambut Hair Tonic

Rooftop Prince dan Raja Gyeongjong

[Beauty Review] Watsons Milk Yoghurt Lotion