Bad Day



Lo pasti sering denger sama yang namanya BAD DAY. Bahkan mungkin pernah atau sering ngalaminnya. Tapi yang gue ceritain ini bener-bener bad day sob. Baru kali itu doang gue ngalamin yang namanya bad day dari gue melek sampe gue merem lagi.

Jadi gini bu ceritanya….

Waktu itu gue masih kelas 2 SMP. Gue masih inget banget kalo hari itu hari rabu. Gue dari dulu emang biasa ‘tukang ngaret’, mungkin ini warisan sikap dari nyokap gue kali ya yang sama-sama hobi ngaret. Tapi hari itu, tumben-tumbennya tuh gue bangun pagi dan akhirnya gue bisa berangkat sekolah pagi deh! Gue udah girang banget pagi itu soalnya temen-temen gue pasti kaget ngeliat gue bisa dateng pagi. Hahaha! Tapi sayangnya dewi fortuna lagi kabur dari gue. :’(



Gue masuk sekolah jam 06.30 dan biasanya gue baru berangkat sekolah jam 06.15 secara rumah gue lumayan deket sama sekolah apalagi gue ke sekolah dianterin bokap gue tercinta naik motor bareng adek gue. Hari rabu itu gue berangkat sekitar jam 6an dan gue sangat yakin sekali gue pasti gak bakal telat masuk sekolah. Pagi itu jalan raya masih sepi, ya iyalah jam 6 gituh! Gue masih nyante-nyante aja diboncengin sama bokap gue, gak kayak biasanya. Soalnya kalo biasanya kan gue pasti udah dzikir-dzikir dalem hati dan berdo’a semoga gue gak telat dan masih diijinkan masuk ke sekolah, kalo telat kan disuruh balik pulang ke rumah. Soalnya lagi, masalahnya gini men, walaupun gue ke sekolah dianterin pake motor sama bokap gue tetep aja gue masih ada kesempatan buat telat ’cause bokap gue kalo bawa motor itu pelaaaaan banget. Berasa di tempat pariwisata kali bawanya pelan-pelan. Alasannya bokap gue sih, “supaya aman kalau pelan-pelan”. Ya udahlah gue pasrah aja, udah baik juga sih bokap gue mau ngenterin gue.
Nah, balik lagi nih ke cerita awal. Belom ada setengah perjalanan, eeh motor gue mogok. Untungnya di rumah gue ada sodara gue yang lagi nginep, jadi bokap gue mau pulang lagi bawa motor mogok itu trus minjem motornya sodara gue ntu. Itung-itung sambil nungguin bokap gue pulang ke rumah, gue sama adek gue jalan aja ke arah sekolah, nanti juga di jalan kan ketemu. Jalan ke sekolah gue itu ada 2, lewat jalan raya sama jalan kecil/gang. Nah, gue lewat jalan raya, masih sepi ini kan. Tapi ternyata di sepanjang pinggir-pinggir jalan raya itu alias jalan buat pejalan kaki abis ada penggalian buat kabel-kabel gitu deh (gue gak ngerti kabel apaan) dan tadi malem abis ujan pula, jadi tanah-tanah di sepanjang jalan itu pada nempel deh di sepatu gue dan adek gue. Berasa pake high hells 10 cm tuh gue gara-gara itu tanah. Sampe-sampe ada ibu-ibu tukang sayur beserta pembelinya ngeliatin gue dan adek gue. “Ya ampuun neng, kenapa itu sepatunya?” teriak ibu-ibu tukang sayur dari seberang. Gue cuma senyum pasrah aja dan gak jawab apa-apa. Soalnya gue udah mulai panik, gue udah mau nyampe sekolahan adek gue, tapi kok bokap gue gak nongol-nongol ya? Ya udahlah, gue jalan aja terus sama adek gue. Finally sampe juga di SD adek gue. Gue celingak-celinguk nyariin bokap gue, eh ketemu juga. Makasih Ya Allah..
“Kamu tadi jalannya lewat mana?” kata bokap gue.
“Lewat jalan raya yah,” jawab gue lemes.
“Pantesan gak ketemu, ayah lewat jalan kecil,” hmm.. gue udah gak peduli, lagian udah terlanjur. Gue sama adek gue bersih-bersihin sepatu dulu dari tanah-tanah yang mengganggu. Eh, tiba-tiba adek gue pake acara nangis.
“Kenapa kamu?” tanya bokap gue.
“Aku kasian sama kak hanum, berangkat sekolahnya jadi telat gara-gara jalan kaki sama aku,” jawab adek gue sambil nangis bombay. Ya ampuun adek gue lebay banget sii.. Gue aja gak kenapa-kenapa kok malah dia yang nangis. Kamu tuh cowok deh, cowok! Gentle dikit doong ya ampuun..  Trus gue liat jam dan ternyata udah jam setengah 7! Oh my…
Akhirnya, gue sampe juga di sekolah gue. Untungnya masih dibolehin masuk sama satpamnya, tapi ada syaratnya. LARI KELILING LAPANGAN. Huaaaa.. kayaknya hari itu gue sehat bener dah, tadi udah jalan sehat menuju SD adek gue sepanjang beberapa ratus meter, sekarang gue disuruh lari maraton keliling lapangan. Percuma deh gue mandi wangi-wangi, pagi-pagi badan udah bau keringet. Diantara murid-murid yang senasib kayak gue, untungnya ada temen sekelas gue yang telat juga, Rani. Ya udah, jogging bareng sambil curhat bisa kali.. haha

Selesai juga acara lari keliling lapangan massal, gue sama Rani menuju kelas. Dari jauh, gue liat kelas gue kok anak-anaknya masih ada yang duduk di depan kelas. Berarti guru bahasa Indonesia, Bu Pocut belum masuk kelas nih, syukurlah. Eh, tau gak masaaa… ternyata Bu Pocut udah di kelas dan temen-temen gue yang duduk di depan kelas itu karena telat jadi gak boleh masuk. Abis deh gue.. Mana yang telat ceweknya cuma gue sama Rani doang lagi. Ampuuun.. Tiba-tiba Bu Pocut nyuruh anak-anak yang telat masuk ke kelas, tapi gak boleh duduk di kursi, cuma boleh duduk di lantai diantara barisan-barisan meja. Mana sepatu gue masih ada bekas-bekas tanah yang tadi, jadi kotor deh lantai kelas gue gara-gara ada jejak kaki gue. “Indrazati, kamu habis dari sawah kotor-kotor gitu?” kata Bu Pocut. Huaah malu-maluin aja sih nih, gue yakin anak-anak kelas pasti diem-diem pada ngetawain gue. Ggrrr.. Akhirnya Bu Pocut ceramah tentang kedisiplinan di kelas gue selama 2 jam dengan memakai jam pelajaran bahasa Indonesia.

Sampai siang, semua berjalan mulus. Gue sama temen-temen gue lagi ngerencanain tentang kerja kelompok kesenian buat besok. Besok pelajaran kesenian mau buat kendi yang dihias sama kulit telor. Sayangnya sampai H-1 kelompok gue belom persiapan sama sekali. Jadi dimulai deh tuh musyawarah menuju mufakat. Singkat cerita, gue yang disuruh beli kendi, duitnya nanti patungan. Yang lain tinggal beli perlengkapan yang lainnya. Tadinya gue sempet gak mau, males amat gue disuruh-suruh beli kendi. Sayang aja rumah gue deket pasar induk, mau gak mau deh gue yang jadi korban. Hiks..

Pas istirahat, gue beli siomay. Hmm.. maknyus secara gue laper. Eh, emang dasar temen gue pada gak tau diri, minta somay gue gak nanggung-nanggung. Bilangnya mau nyicipin tapi sampe tiga sendok. Amit dah.. Sabar aja dah gua itung-itung amal.

Pulang sekolah, gue ke rumah sohib gue dulu, si pipit oneng buat latian senam. Soalnya sebentar lagi mau ada pengambilan nilai senam berkelompok. Jadi gue dan temen-temen sekelompok gue ke rumah pipit deh. Soalnya lagi, nyokapnya pipit udah rela-relain beli tape baru buat latian senam itu, ya ampuun jadi terharu.. :*



Gue dan semuanya latian sampe sore. Pas udah rada sorean semua pada pulang kecuali gue sama paijo alias faizah. Kita mau main-main dulu sama pipit. Sampe jam 4an gue sama faizah baru pulang. Eeh, baru mau pake sepatu, ternyata awan gelap mulai menutupi matahari, angin mulai terasa dingin, daun-daun yang gugur beterbangan, lalu tiba-tiba ada air menetes dari langit. Ujan. Akhirnya gue sama faizah gak jadi pulang deh. Sambil nunggu ujan reda, kita ngobrol-ngobrol lagi sampe enek, ngisengin orang-orang lewat telepon padahal pulsa udah limit, pokoknya ketawa-ketawa deh sampe gila. Jam 6 kurang ujan udah mulai reda. Gue sama faizah pamit pulang dan balik lagi ke sekolah. Soalnya gue mau minta jemput disana dan rencananya faizah mau nebeng sama gue. Terus gue ke wartel deket sekolah deh buat nelpon ke rumah minta jemput. Soalnya pulsa gue udah abis gara-gara ngisengin orang-orang tadi. Gue sama faizah nungguin di wartel. Lamaa banget om gue ngejemputnya. Tiba-tiba hp gue geter, nyokap gue nelpon. “Num, kamu pulang sendiri aja ya soalnya depan rumah kita ada penggalian jadi motornya gak bisa keluar,” kata nyokap gue kurang lebih. “Hmm.. iya maa..” jawab gue pasrah. Finally gue sama faizah pulang sendiri-sendiri dah.

Sampe di rumah badan gue lemeees banget deh, mana perut bunyi mulu gara-gara tadi gak puas makan somay. Malemnya gue baru inget kalo gue belum beli kendi. Abis deh gue. Akhirnya gue minta tolong om gue buat nganterin gue ke pasar buat nyari kendi. Eh, om gue sama nyokap gue malah marah-marah. “Kamu nih kalo perlu sesuatu bilang dong dari kemaren-kemaren, jangan mendadak kayak gini. Udah malem baru minya nyari,” Huaaa gue udah gak bisa berkata apa-apa lagi. Gue udah lemes, otak gue juga udah mumet. Jadinya malah nyokap gue sama om gue yang nyari sekalian nyokap gue belanja katanya. Huh..

Gue masuk ke kamar. Terus duduk di lantai, salah apaa gueee.. Ini hari kok jelek banget ya? Hari apa sih nih? Hari rabu? Gue bakal inget terus kalau hari rabu  pernah jadi hari paling sial dalam hidup gue. Mau mati sementara aja gue rasanya. Gak terasa tiba-tiba gue udah nangis sendiri aja di kamar. Sedih sama nasib gue hari itu. Eh ada adek gue dateng ngehibur gue. Lumayanlah, gue rada tenangan, dikit.

Sampe sekarang gue masih gak habis mikir, gue punya salah apaa gitu ya, sampe bisa segitunya sial gue hari itu. Tapi kalo ada bad day pasti ada good day. Cuma gue gak tau atau mungkin gak pernah nyadar kapan good day itu pernah dateng ke gue. Berarti gue harus selalu mensyukuri hari-hari yang pernah dateng ke gue, soalnya semua hari-hari itu masih lebih baik daripada bad day di hari rabu itu.

NB: Kendi yang gue beli ternyata gak kepake gara-gara kekecilan. Akhirnya kelompok gue merekrut angota baru yang punya kendi lebih besar. :”(

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Beauty Review] Mustika Ratu Penyubur Rambut Hair Tonic

Rooftop Prince dan Raja Gyeongjong

[Beauty Review] Watsons Milk Yoghurt Lotion