Guru Amatir ~ Part. 1

"Assalamu'alaikum anak-anak.. Apa kabar hari ini?"
"Wa'alaikumsalam bu guruuu!"

Yah, ternyata gambaran surga seperti itu cuma gue dapetin di layar tipi saja pemirsa. Kenapa? Jadi gini ceritanya..

Di kampus, lagi ada program saung sastra (ss). Di program itu, yang join bisa jadi pengajar buat anak-anak SD tanpa bayaran karena yang kita ajarin anak-anak dari kalangan menengah ke bawah. Bisa juga sih jadi tim, kaya tim logistik, HPD, sponsorship, kurikulum, dll. Naah.. gue daftar dan diterima sebagai guru matematika kelas 5 SD! haha..



Kemarin itu hari pertama gue ngajar. Sebagai guru amatir, gue panik, bingung, pusing ga jelas gara-gara ga tau gimana cara ngajar yang jelas. Nih ya gue ceritain kronologisnya kenapa gue panik.

Senin siang : temen gue ngasih tau gue kalo hari selasa besok sorenya gue ngajar. Gue sama sekali ga tau kalo besok itu gue ngajar karena gue belom liat jadwal pengajar, secara hari senin itu hari pertama berjalannya kegiatan ss. Gue pikir jadwal ngajar gue masih lama jadi gue selow-selow cool aja.
Senin malem : Dapet sms dari beberapa tim dan PO (project officer) ss nya yang sebenernya adalah temen sepermainan gue (sebut saja bilqis). Semua pada mastiin kalo gue siap ngajar besok. Padahal modul belom ada di tangan gue. Jadi gue masih ga tau besok gue ngajar apa. Akhirnya gue googling aja cara ngajar yang sik asik kaya gimana.
Selasa pagi : amnesia kalo gue ngajar hari itu.
Selasa siang : Sebenernya masih lupa kalo gue ngajar hari itu. Eh si ibu PO yang tadi gue bilang temen sepermainan gue itu ngingetin gue tentang modul mengajar. Barulah gue sadar dan merasa terpukul kalo dalam beberapa jam lagi gue ngajar dan gue gatau materinya apa. Akhirnya sambil menyantap nasi bakar di kantin teknik (informasi penting) gue sama temen gue nyari-nyari bahan eeeh ternyata wifi gak jalan pemirsah.
Selasa siang lagi : Akhirnya balik lagi ke tempat bergaul gue dan menemukan beberapa biji temen gue lagi mainan leptop. Langsung aja gue sita salah satunya dan minta cariin materi mengajar gue *haha
Abis itu data didonlot --> simpan di flashdisk --> pergi ngeprint --> ngantri --> ngeprint --> finish!
Selasa siang dalem kelas : Minta ajarin matematika tentang jaring-jaring bangun ruang materi kelas 5 SD sama temen gue yang kebetulan guru les -___-
 Sore : Panik

Awkey, jadwal ngajar gue itu sebenernya jam 4 sore, tapi eh tapi, gue baru keluar kelas aja jam setengah 4an gitu. Belum solat ashar, ngerumpi, cipika-cipiki, nyari gorengan, yasudahlah..
Akhirnya gue plus satu temen gue yang dia juga ngajar matematika tapi buat kelas 4 SD beserta 2 orang tim berangkat! Lokasinya deket banget kok dari kampus, saking deketnya yaa cuma makan satu jam lah kesana =,=

Akhirnya setelah curhat di angkot, nyasar nyari lokasi, sampe juga kita di tempat ngajar.. Salim-saliman dulu deh tuh sama ibu-ibu yang ngajar TPA disana, teruuus akhirnya tibalah waktu gue buat ngajar!

"Yang kelas 4 duduk di sebelah sini yaa, yang kelas 5 di sebelah sana, yang kelas 6 disini.." kata ibu-ibu itu.
Gak lama kemudian, anak-anak kelas 4 langsung ngumpul di tempatnya, dan di sebelahnya dimana kelas 5 seharusnya berada, kosong pemirsah.

Panik dan rada bete sih pertamanya gara-gara nyangka kalo murid gue gak ada sambil membayangkan apa yang telah gue lakukan hari itu. Tapi seperti biasa, gue stay cool aja sambil mesem-mesem sedih. Terus temen gue akhirnya berkata, "yaudah kita ngajarnya berdua aja num, kita ngajar bareng kelas 4.." "sip sip!"

Eh belum sempet gue tanda tangan di atas materai kalo gue mau join sama temen gue, murid-murid gue dateng. Daaan aksi dimulai!

Penasaran? Lanjut di Guru Amatir part 2 yaa :))

Nih, ada foto-foto sedikit tentang anak-anak Saung Sastra. Foto ini ditangkep pas lagi acara Buka Puasa Bersama 2012 :)

metal broh!

Kembarannya teletabis :*

Anak gaul 2017

Siapa yang mau hadiah? Sayah! Sayah!

Daaaaah :*





Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Beauty Review] Mustika Ratu Penyubur Rambut Hair Tonic

Rooftop Prince dan Raja Gyeongjong

[Beauty Review] Watsons Milk Yoghurt Lotion