Biaya ke Singapore 3 hari 2 malam

Kalau sebelumnya gue udah cerita tentang tempat-tempat yang gue datangi di Singapore selama 3 hari 2 malam, sekarang gue mau sharing tentang biaya yang gue habiskan buat ke Singapore. Apa saja diaaa... Jeng jeengg..
Oh iya, tapi ini based on tahun 2016 loh ya, gak tau deh kalau sudah naik atau belum. Dan gue akan sharing biaya pokoknya aja, kalau jajan-jajan kayaknya gak akan gue sharing karena: 
1. Biaya jajan tiap orang itu beda-beda. Ada yang anaknya irit, ada yang berduit. Ada yang senengnya jajan makanan, ada yang senengnya belanja barang.
2. Gue udah lupa rinciannya. (plak!)

Oke, mulai ya!

Pesawat (pulang-pergi) - Rp 849.263
Waktu itu gue beli tiket AirAsia tanpa promo di nusatrip.com. Nah, aslinya kalau gak salah 800an sih, cuma gue beli bagasi buat pulang sebesar 20kg. Nah, 20kg itu gue bagi 2 sama temen gue. Jadi, lebih irit deh!

Hotel - Rp 650.000
Ini gue nginep di hotel selama 2 malam dan per malamnya Rp 650.000. Jadi kalau ditotal harganya Rp 1.300.000. Tapi berhubung gue berdua sama temen, jadi kami bagi 2 deh. Hotel ini gue beli di Agoda bermodalkan minjem kartu kredit punya temen, hehehe..

Tiket Universal Studio Singapore - Rp 500.000
Ini nih lagi hoki banget. Sebenernya harga asli tiket USS untuk dewasa itu dijual kisaran 600 - 800an. Nah, gue nemu di tokopedia ada yang jual 500 rebu. Setelah diwawancarai, ternyata yang jual memang sengaja jual murah karena dia gagal berangkat ke Singapore padahal udah beli tiket USS. Berbekal keyakinan dan foto ktp si mbak penjual, akhirnya kami nekat beli di doi dan alhamdulillah tiketnya beneran valid.

Tiket Garden by The Bay - Rp 190.000
Wings of Time - Rp 125.000
Nah, kalau 2 tiket ini gue beli di online shop gitu. Lagi-lagi berbekal keyakinan, kami beli di mereka dan ternyata valid.

Singapore Tourist Pass - Rp 200.000 (Tambah deposit Rp 100.000)
Kalau ini gue beli langsung di Bandara Changi Terminal 2. Oh iya, loketnya baru buka jam 8 pagi, kalau tutupnya gue kurang tau deh. Nah, STP ini fungsinya kayak kartu flazz gitu tapi unlimited! Jadi, lo mau bulak-balik naik bis, naik monorail, ya bebas. Tapi ada beberapa juga yang gak bisa pakai kartu sakti ini, kayak naik monorail ke Pulau Sentosa, itu kudu bayar lagi. STP ini harganya beda-beda tergantung kita beli buat berapa hari. Nah, yang gue beli ini khusus untuk 3 hari. Kalau dirupiahin sekitar Rp 300.000. Tapi nanti kalau kita balikin kartunya on time, nanti 100ribunya bakal dibalikin lagi kok ke kita. Jadi aslinya ya cuma 200ribu aja.

Sisanya? Seinget gue waktu itu gue sempet beli Simcard dan harganya sekitar Rp 150.000. 

Kalau buat makan gue gak terlalu itungin sih berapa, tapi ya kisaran Rp 40.000 - Rp 70.000 sekali makan. Kalau dibuletin, jadi Rp 70.000 x 9xmakan = Rp 630.000.

Terus gue juga beli oleh-oleh lumayan banyak, di Mustafa Center aja gue hampir habis Rp 500.000.

Kalau dihitung-hitung ya, total pengeluaran gue selama di Singapore untuk 3 hari 2 malam adalah..
Tiket pesawat PP : Rp 849.263
Hotel 2 malam : Rp 650.000
USS : Rp 500.000
Wings of Time : Rp 125.000
Garden by the bay : Rp 190.000
STP : Rp 200.000
Simcard : Rp 150.000
Makan : Rp 630.000
Oleh-oleh : Rp 500.000
Total Rp 3.794.263

Nah, gak sampai 4 juta udah include oleh-oleh banyak banget! Ini pun gue bukan backpacker ya karena gue nginep di hotel, bukan hostel.

Sebenernya biaya ini bisa ditekan lagi dengan promo pesawat yang lebih murah mungkin, atau nginep di hostel juga banyak kok di sana. Atau tempat wisatanya kalau kalian gak ke salah satu dari wisata di atas, itu juga bisa nekan biaya. Apalagi kalau gak usah rempong beli oleh-oleh dan bagasi tambahan. Beuh, bisa irit banget!

Itu deh sharing dari gue. Semoga gak ada lagi persepsi kalau jalan-jalan ke luar negeri itu mahal yak. Asalkan rajin nabung dan pinter-pinter cari diskon, insya Allah bisa dapet yang serba murah.

Sekian dan bye-bye!

hanumoca.blogspot.com

Komentar

  1. STP nya bener2 penting banget tuh, saya kalau ke SG suka males beli STP dan akhirnya pake ez link jadinya harus top up terus setiap saldo abis dan lumayan juga fare per haltenya mau itu buat MRT atau bus tetep aja lumayan menyedot. Emg lebih baik pake STP kalau dirasa bakal sering jalan-jalan pake transportasi umumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener.. Saking leluasanya karena pakai STP sampai gak takut nyasar karena mau naik - turun berapa kali pun udah gak perlu bayar lagi :D

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Beauty Review] Mustika Ratu Penyubur Rambut Hair Tonic

[Beauty Review] Watsons Milk Yoghurt Lotion

Rooftop Prince dan Raja Gyeongjong