Antara cewek dan puasa

Assalamu'alaikuuuum.. :)

Akhirnya sekarang kita balik lagi ke bulan puasa ini. Ucapkan Alhamdulillaaaah..
Nah, di bulan puasa ini, sebenernya ada banyak bet nih pertanyaan-pertanyaan seputar cewe dan puasa yang ngeganjel di dalam pikiran dan hati ini yang membuat tidurku semakin tak keruan. Halah bo'ong :D
Yak, emang sih gak bikin susah tidur, tapi kadang suka bikin debat sama temen-temen tentang kebenaran jawabannya, untung cuma debat biasa gak sampe perang sarung!

Begini nih pertanyaannya..

1. Kalo bulan puasa, kan cewek itu ada masa-masa "libur puasa" alias berhalangan, nah itu kan harus diganti di bulan-bulan berikutnya. Gimana nih kalo misalnya, kan si cewek utang puasa 5 hari, sampai bulan puasa tahun berikutnya dia baru bayar 3 hari, berarti kan masih ada utang 2 hari lagi. Terus gimana tuh bayarnya?
Saya pernah mendapat berbagai macam jawaban nih, ada yang bilang nanti bayar puasanya jadi di dobel, jadi si cewek tadi yang utangnya 2 hari jadi 4 hari. Ada yang bilang juga tetep 2 hari, tapi sama ngasih zakat fidyah (kalo ga salah :D ) ke 2 orang. Tapi ada yang bilang juga ya tetep 2 hari bayarnya. Nah, menurut kamu sendiri gimana nih?

2. Habis bulan puasa kan ada puasa sunnah bulan syawal. Buat ngejalanin puasa syawal, apa kita harus
bayar utang puasa ramadhan kita dulu yang wajib, apa boleh langsung puasa syawal yang sunnah?

3. Sama nih kaya yang diatas, misal kita pengen puasa pertengahan bulan hijriyah, tapi belum bayar utang bulan puasa ramadhan. Nah, itu apa boleh atau kita bayar dulu utangnya?

4. Misal, si cewek sedang berhalangan. Ketika sahur, si cewek udah bersih / tidak berhalangan lagi, tapi sampai adzan shubuh si cewek belum mandi wajib, apa sah jika ia berpuasa? Saya pernah denger di sebuah radio islami katanya sah. Gimana kalo menurut kamu? Oia, kalo seandainya sah, kapan setelat-telatnya dia harus mandi wajib? Apa habis adzan shubuh atau kapan?

Nah kira-kira itu tuh pertanyaan terpendam gue. Udah gue ajuin sih kesana-kemari. Tapi ada yang belum jawab ada juga yang masih bikin bingung.. Fiuuuh~
Semoga daku bisa mendapatkan kebenarannya! #berkahramadhan Amiiiiin..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Beauty Review] Mustika Ratu Penyubur Rambut Hair Tonic

Rooftop Prince dan Raja Gyeongjong

[Beauty Review] Watsons Milk Yoghurt Lotion