Ikut International Conference, Yuk!

Assalamu'alaikum..
Ya ampun udah buluk banget ini blognya gak ditulisin. Oke, berhubung banyak banget yang nanya-nanya tentang gimana caranya ikutan international conference, di sini gue mau sharing tentang itu aja deh :)

Akhir Agustus kemarin, alhamdulillah banget gue sama dua orang teman gue-sebut saja Bilqis dan Upi-diterima buat ikutan international conference di Chiang Mai, Thailand! Yeaay! 

Itu apa? Itu apa? Ih, kok bisa? Seriusan?
Sabar.

Jadi, temen-temen di kelas gue aktif banget ikutan acara-acara yang tingkatnya udah internasional, ada yang ikut conference di Filipina (dan yang bikin envy papernya menang juara 1 ngalahin papernya para professor dan para master), ada yang ikutan seminar di singapur, bahkan ada juga yang ikutan lomba sejenis entrepreneur gitu di Cina, terakhir setelah gue baru balik dari Chiang Mai, temen gue berangkat lagi ke Turki buat conference. Gimana gak bikin ngiri coba kalau gue cuma diem aja ngeliatin temen-temen gue pada bawa nama UI di forum internasional..
Gara-gara itu, gue sama temen-temen jadi semangat buat daftarin diri ikutan kegiatan di luar, kayak tahun lalu kita rame-rame daftar di salah satu kegiatan yang diadain di Jepang, dan alhamdulillah ditolak semua :) Tapi kita gak putus asa, tetep coba buat ikutan lagi tapi kali ini gak mau ngarep-ngarep banget (karena sesuatu yang terlalu diharapkan, kalau gak kesampean itu rasanya.. sakit :') ), dan.. alhamdulillah pas ngajuin abstrak ke salah satu conference di Chiang Mai kami diterima :))

Asal muasal bisa ikut conference kayak gini, ya harus rajin-rajin googling buat cari infonya. Tapi kalau gak mau ribet, kalian bisa coba cek di http://www.conferencealerts.com/ . Di sana bisa pilih-pilih mulai dari mau ikutan conference di bidang apa 'Conference by topic' (misal, akuakultur, desain, musik, filsafat, budaya, dll) atau bisa juga pilih-pilih mau conference di negara mana 'Conference by Country'. Ntar kalau udah ketemu conference apa yang mau diikuti, biasanya mereka kasih link ke web resmi dari penyelenggara conference tersebut.





Waktu itu sih, gue nyari-nyarinya bukan by topic or by country, tapi nyari yang masih di wilayah asia tenggara dan biaya registrasinya murah. Huahaha~ Maklum baru pertama kali dan tujuannya memang buat cari pengalaman aja.. Pas ketemu, langsung deh nyari temen buat ikutan conference. Waktu itu sih biaya registrasi conferencenya 35 USD (early bird for students), kalau udah lewat early bird jadi 55 USD. Kan mayan.. Info aja nih, itu masih termasuk murah loh registrasinya, temen-temen gue yang pernah ikut ginian lebih mahal lagi, bisa sekitar 1-2 jutaan per orang cuma buat registrasinya aja. Ini dia, kata salah satu ibu-ibu di bagian sub akademik di kampus, katanya conference ginian tuh lagi menjamur banget. Mereka ngadain ginian cuma buat nyari uang doang, "makanya kamu kalau bisa cari acara yang gratis biar kampusnya juga bangga" gitu deh kira-kira kata beliau. Gue sama temen-temen cuma angguk-angguk aja, "karena tujuan kami ikut ginian kan buat cari pengalaman buuk.."

Kalau udah fix nih mau ikutan conference yang mana, baru mulai bikin abstrak dan jangan lupa catet deadline-nya! Jangan kayak gue, sehari sebelum deadline baru bikin abstrak (Dasar deadliner!). Tapi ya gitu, the power of kepepet bisa bikin abstrak yang dikerjain cuma sehari dengan bahasa Inggris yang seadanya, itu pun kami gak tatap muka, tapi kami diskusikan via grup whatsapp dan email, dan gak nyangka banget seminggu kemudian kami dapat email dari panitia conference kalau abstrak kami diterima. Yeay!

Next, karena kami mau ngejar biaya regis yang early bird, kami langsung membayar biaya regisnya via bank di kampus. Seinget gue waktu itu, ada biaya penukaran uang (karena BNI gak ada Baht), ada biaya apa lagi gitu gue lupa, jadi total hampir 50 USD per orang. Mana kurs Baht makin hari makin naik lagi. Huuuh..

Habis itu, baru deh lanjut bikin paper terkait abstrak yang sudah kami ajukan. Juga, bikin paper itu gak sembarangan, butuh penelitian paling nggak satu bulan. Makanya gue sama Bilqis PKL di Jogja karena lokasi PKL kami deket banget sama lokasi penelitian kami, yaitu Kampung Wisata Dipowinatan. Jadi, tema penelitian kami kemarin tentang pariwisata yang berbasis masyarakatnya itu sendiri, nah kami ambil contoh Kampung Dipowinatan di Yogyakarta. Lokasinya cuma 15 menit naik becak dari Malioboro.

Nah, jangan lupa lagi catat deadline buat mengirim papernya. Papernya jangan lupa pakai teori yang mendukung, metodenya apa, dan hasil penelitiannya. Kalau sudah, coba koreksi lagi bahasa Inggrisnya, gue inget banget waktu itu paper kami bahasanya berantakan banget .__. Kalau beres semua, kirim deh. Habis itu tinggal nunggu balesan email dari panitianya. Waktu itu, kami langsung dikirim surat tanda kalau paper kami diterima dan siap untuk dipresentasikan di Chiang Mai. 
Masalah dana, waktu itu sih gue sebelum penelitian udah ngajuin proposal dana ke kampus karena taulaah birokrasinya panjang. Alhamdulillah setelah proses minta tanda tangan kemana-mana, kami dapet dana fakultas dan dari universitas. Tadinya mau ngajuin juga ke dikti dan dinas pariwisata, tapi kami dikasih tau biasanya mereka menerima proposal dana itu di awal tahun. Kalau sudah pertengahan tahun itu sudah susah buat minta dana. Berhubung waktu yang dikit banget (karena waktu itu lagi sibuk PKL), ya udah kami gak sempet cari dana kemana-mana lagi.

Waktu itu, udah mulai masuk bulan Agustus, mulailah kami hunting tiket ke Chiang Mai dan hotel buat di sana. Bukannya promosi nih, biasanya gue pesen tiket di tiket.com atau di traveloka.com, tapi kemarin gue cari di situs itu susah banget cari tiket buat ke Chiang Mai, rata-rata Bangkoook semua. Sampai akhirnya gue baru nemu di nusatrip.com. Di sana gue jamin lebih lengkap cari tiket pesawatnya, temen gue aja kemarin ke Turki juga beli tiket di situ karena ada harga promo juga dan lebih banyak variasi maskapai penerbangannya. Kalau hotel, kemarin gue pesen di booking.com karena sebagian hotel bisa pesen tanpa kartu kredit dan bayar di tempat. Yes! 

Untungnya kami bertiga udah punya paspor (gara-gara tahun lalu mau berangkat ke Jepang tapi ditolak, wekwekwek), kalau belum ya tinggal bikin aja sih, sekarang udah gampang kok bikin paspor dan cepet lagi, percaya deh gak usah pake calo..

Terus, jangan nunda-nunda buat nuker duit. Trust me, it work! Gue nuker uang cuma beda sehari sama temen-temen gue dan kursnya beda Rp 10. Dikit sih, tapi kalau nukernya banyak ya jadi gede juga selisihnya (maklum mahasiswa).. Juga jangan lupa bawa dollar, karna dollar dimana-mana gak bakal jatuh nilai tukarnya. Jangan kayak temen gue, ke Thailand bawa satu juta sih, tapi rupiah.. Alhasil gak kepake sama sekali karena ya bisa bangkrutlah kalau tuker di sana -__-

Terakhir, baru deh nyusun itenary kegiatan apa aja yang bakal kita lakuin di sana mulai dari berangkat sampai balik lagi ke Jakarta beserta biaya pengeluaran-pengeluarannya sambil ngayal-ngayal bakal nyicipin apa di Chiang Mai.. :))


~Tiga Cewek Strong~

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Beauty Review] Mustika Ratu Penyubur Rambut Hair Tonic

[Beauty Review] Watsons Milk Yoghurt Lotion

Rooftop Prince dan Raja Gyeongjong