Info Kampung Inggris - Pare, Kediri!

Halooo!
Baru tiga hari yang lalu gue balik dari Kampung Inggris setelah sebulan bertapa berguru di sana. Tapi jangan salah kira, kampung Inggris itu bukan di eropa sono, tapi ada di Jawa Timur! Tepatnya di kecamatan Pare, Kediri! Nah lo? Kok bisa? Jadi dulu, berdirilah suatu tempat belajar bahasa Inggris di Pare bernama BEC. Karena tempat belajar itu sukses, akhirnya muncullah tempat-tempat kursus bahasa Inggris lainnya di Pare dan sekarang jumlahnya puluhan!

Tapi bukan mentang-mentang kampung Inggris, terus semua orang yang di sana ngomong bahasa Inggris loh.. Cuma pelajar yang kursus di sana aja yang ngomong pake bahasa Inggris. Kalau masyarakat aseli sononya sih ya ngomong jawa, atau Indonesia. 

Oia, biaya kursus, tempat tinggal, makan, laundry, dll murah banget, Geng! Rp 3.500 aja lo udah bisa makan berat. Nih ya daftar harga yang gue inget :
- Soto kuali Rp 3.500
- Bakso Rp 2.000 - Rp 5.000
- Soto Ayam/Daging Rp 5.000 - Rp 8.000
- Sate Rp 6.000 - Rp 10.000
- Nasi kuning Rp 3.500 - Rp 4.000
- Nasi pecel Rp 4.000
- Nasi Goreng Rp 4.000 - Rp 8.000
- Nasi lele penyet Rp 5.000
- Nasi tempe/tahu penyet Rp 3.500
- Iga Bakar Rp 10.000
- Ketan Susu Rp 2.500

Murah kan? Terus gak cuma makan doang yang murah, tapi kalau lo males nyuci atau yang emang dasarnya gak suka/pernah nyuci, atau yang biasa nyuci pake mesin cuci kaya gue, don't worry be happy, geng! Laundry di sini murah bingit. Sekitar Rp 3.000 - Rp 4.000 udah plus setrika! Asal pinter-pinter aja nyari laundry yang wangi, cepet, dan aman :D

Di Pare ini, kendaraan nomor satunya ya sepeda! Jadi yang belum bisa naik sepeda, belajar dulu ya, diiik.. Soalnya kemana-mana ya naik sepeda. Kalau jalan kejauhan, kalau naik becak habis dong duitnya buat bayar becak! Biaya sewa sepeda di sini murah juga kok! Sebulan
sekitar Rp 50.000 - Rp 100.000 tergantung sepedanya. Kalau sepeda lama terus kondisinya udah rada-rada ya dikasih murah sama abangnya, tapi kalau sepeda baru, masih kinclong, apalagi masih diplastikin, biasanya sih Rp 100.000an. Harga juga tergantung jenis sepeda, soalnya di sana juga ada sepeda lipat, sepeda fixie, dll.

Oia, hampir kelupaan. Kalau di sana, kamu bisa pilih mau tinggal di camp atau di kos-kosan biasa. Camp yang dimaksud di sini itu bukan camp = kamping yaaak.. Camp ini maksudnya ya tempatnya kaya kos biasa, tapi english area 24 jam. Terus umumnya dapat morning class jam 5 pagi, sama night class jam 7 malem. Hm, sedep deh tuh!  Kalau kosan biasa, ya udah, kos biasa gitu. Udah gitu aja.
Makanya harga nginep di camp itu lebih mahal daripada kosan biasa. Tapi tergantung juga sih.. Kalau camp itu kisaran Rp 250.000 keatas. Kalo kos ya kisaran Rp 150.000 ke atas. (Kalo gak salah yaak..) Soalnya waktu itu gue nyari kosan yang cuma buat 2 minggu, ya gitu ada yang harganya 150.000, 90.000, 100.000, macem-macemlah tergantung kondisi dan lokasi kosannya. Soalnya, biaya kos 2 minggu sama sebulan disini itu gak beda jauh harganya. Makanya mending kalo mau ke sini, mantepin dulu, mau tinggal 2 minggu atau sebulan. Jangan kaya gue, awalnya niat 2 minggu, eh gak taunya nambah 2 minggu lagi jadinya sebulan. Nah, kalau kaya gitu kasusnya, biaya tempat tinggal, sewa sepeda, itu jatuhnya lebih mahal. 

Contohnya gini, gue awalnya sewa sepeda buat 2 minggu, itu harganya Rp 50.000. Terus ternyata gue nambah lagi kan 2 minggu, tapi ternyata kalau nambah ya harganya Rp 50.000 juga buat 2 minggu lagi. Padahal ya, kalau gue dari awal udah rencana mau sewa sebulan, palingan cuma kena 70.000an sebulan.. huhuhu~
Oia btw, pinterlah-pinterlah engkau dalam memilih sepeda. Karena sekali kamu memilih sepeda dan ternyata sepedanya jelek (remnya gak paten, kempes mulu, dll), abangnya gak bakal ngijinin kita buat nuker-nuker sepeda lagi! Catet! Jadi pilih-pilihlah sepeda yang oke buat kelangsungan hidupmu di Pare.

Terus apalagi ya.. Oia yang paling penting! Buat kursus disana, kamu bisa ambil paketan atau satuan. Apaan tuh maksudnya?
Kalau gue kemaren, berhubung gue masih buta banget sama Pare, gue ambil program paket. Jadi gue ambil 3 kelas di tempat kursus yang sama, sekaligus sama camp.
Padahal, temen-temen gue yang lain ada yang kelas pagi ambil program kursus di tempat A, siangnya di tempat B, sore di tempat C. Itu tuh yang namanya satuan. Per program biasanya sekitar Rp 100.000 - Rp 150.000 untuk 2 minggu. Karena 1 periode ajaran di sana adalah 2 minggu. Dan periode kursus di sana dimulai setiap tanggal 10 dan 25 setiap bulannya.

Setiap tempat kursus di sana punya kelebihan masing-masing. Kalau di tempat gue nih, di Mr. Bob itu jagonya pendongkrak PD. Jadi di sana bener-bener dipancing terus buat ngomong bahasa Inggris di depan orang banyak. Dan dia tempat les yang paling casual, kerjaannya ketawa mulu, cocoklah buat yang mau ngisi liburan di Pare. Terus kata orang-orang kalau mau belajar speaking yang keren itu di Dafodils. Ngantri parah kalau mau daftar kursus di situ, karena emang terkenal tempat les yang bagus di Pare. Kalau mau belajar grammar, Smart juga tempat kursus yang keren. Kalau mau ambil TOEFL, mending di Elfast. Dan tempat kursus yang bagus lainnya ada Oxford, Global English, Peace, Marvelous, Fabulous, dll. Kalau bener-bener serius pengen belajar di sini selama 6 bulan, yang paling recommended adalah BEC : Akar dari semua tempat kursus di Pare. Di sana ketat banget aturannya. Bahkan harus pake seragam, sepatu, bener-bener kaya sekolah deh. 

Tapi belajar di sana, cuma senin-jum'at. Terus sabtu-minggu kalau libur ngapain dong? Kalau gue sih weekend pertama ke Batu-Malang-Surabaya. Weekend kedua ke Bromo, weekend ketiga ke Blitar, weekend keempat pulang ke Jakarta. Haha..
Di sana itu banyak banget travel kok buat jalan-jalan. Bisa sepenuhnya pake jasa travel, atau kalau ada yang bisa nyetir mobil, sewa mobilnya aja juga bisa. Atau sewa motor juga oke kalau jalan-jalannya gak jauh-jauh amat. Prinsipnya ya kalau pake travel itu, semakin banyak orangnya maka biayanya semakin murah! Contoh, ke bromo kalau cuma ber-9 biayanya 140ribu per orang, tapi kalau ber15 atau ber19 bisa 105ribu doang per orang!

Udah deh tuh ya, info-info tentang Pare. Dan inget, ini harga awal tahun 2014, gak tau deh kalau lewat dari itu naik apa kagak :D

Bye-bye :D

Speak Up 1 - Mr Bob, Pare, Kediri :)

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Beauty Review] Mustika Ratu Penyubur Rambut Hair Tonic

Rooftop Prince dan Raja Gyeongjong

[Beauty Review] Watsons Milk Yoghurt Lotion