Dunia Perojekan

Lohaaa!

Pasti pernah kan naik ojek? Atau malah sering? Sering banget banget banget? Tenang, kalau gitu sama. Gue dari SMP doyan banget naik ojek. Bukan karena abang ojeknya ganteng sih, huft. Tapi yaa karena capek jalan kaki (gaya beuuut) plus tas gue dari dulu berat-berat macam onta, plus yaa aji mumpung lagi ada duit buat naik ojek. 

Nah, saking seringnya naik ojek, abang-abang ojeknya sampe pada hafal sama gue. Kita emang gak pernah kenalan sih, apalagi PDKT. Tapi seiring berjalannya waktu, kita saling mengenali walau hanya lewat tatapan mata. Halah! Kalau boleh jujur ya, gue udah hafal 4 titik pangkalan ojek. Masing-masing titik ini, punya cerita yang unik yang selalu gue inget. Cieelaaah, hueks!



Kadang gue juga saking seringnya, gue selain hafal, gue juga sampai akrab sama tukang ojek meskipun gue gak pernah kenalan sama mereka. Lucu ya, kita sering cerita tentang diri masing-masing, keluarga masing-masing, tapi gak pernah saling nanya nama.
Malah gue sampe tahu kalau ojek itu ada jadwalnya. Jadi, misal ada 4 tukang ojek. Dua tukang ojek dari jam sekian ampe jam sekian, habis itu gantian deh..


Dari SD sampe kuliah, ayah gue yang teramat amat gue sayang, gak pernah capek buat anterin anak-anaknya ke sekolah. Nah, cuma di saat ayah gue ada urusan kerja ke luar kota aja doi ga bisa anter gue ke sekolah. Dan di saat inilah ojek sangat berperan di pagi hari. 
Gue selalu naik ojek ke SMA gue biar gak telat kalau lagi gak ada bokap gue. 

Pernah suatu hari, gue lagi ada masalah gitu sama "seseorang di masa lalu" sebut saja tangkai. Pas hari itu, gue berangkat naik ojek yang gue pikir abang-abang yang biasanya anter gue. Ternyata eh ternyata, taukah engkau? Pas gue lagi nyari ojek, abang-abang ojek yang di pangkalan malah manggilin seorang cowo SMA buat anterin gue. Motornya matic, orangnya putih, pake jaket kulit hitam, aarrrgh pokoknya gak pantes banget jadi ojek gue. Cocoknya jadi... >:)
Pas mau sampe deket sekolah, pas banget tiba-tiba si tangkai itu motornya ada di sebelah gue. Hahaha entah kenapa gue ngerasa seneng karena dikira gue udah jalan dengan pria lain yang padahal adalah tukang ojek. >:)

Sebenernya gak sekali itu sih pas SMA gue naik ojek anak SMA juga. Pernah beberapa kali juga pas berangkat dan pulang sekolah. Yang gue yakin banget, pas di jalan pasti pada ngiranya gue diantar teman atau "teman".



Selain anak SMA, gue juga pernah naik ojek mbak-mbak. Lebih nyaman sih, cuma lebih was-was juga. Karena kalau diboncengin cewe tuh entah kenapa ada rasa takut jatuhlah, inilah itulah..

Yang manis-manis udah, yang keren-keren udah.. Satu lagi nih, pernah gue milih ojek yang 'lumayan' gitu, badannya macho, rambutnya panjang keriting diiket, mancung, putih. Beuuh oke punyalah. Eh, pas gue naik.. Nau'ujubillaaah.. Baunye kagak nahan pengen turun lagi rasanya.. Bau keringet asem-asem nyengat idung! Turun drastis deh penilaian gue dari 9 jadi 3..

Gue juga pernah waktu itu malem-malem baru pulang dari kampus terus pengen naik ojek tapi gak ada ojek sama sekali di situ. Waktu itu juga udah malem, udah jarang banget metromini, kalau pun ada juga gue udah ngeri naiknya. Nah, biasanya kan ada juga tuh abang ojek yang keliling-keliling jalan nunggu ada yang nyetopin. Kocaknya, waktu itu gue nyetopin seorang pengendara motor yang gue pikir dia itu abang ojek soalnya pake jaket yang gede itu yang biasanya dipake abang ojek. Habis gue setopin, dia pun berenti di depan gue. Dengan santai, gue bilang "gang sawo ya bang." sambil naik ke motornya. Akhirnya si pengendara itu pun nganterin gue sampai di tempat. Pas gue turun, gue nanya "berapa, bang?" karena itu abang ojek bukan langganan gue. Eh dia nanya balik, "biasanya berapa?". Akhirnya gue pun membuka dompet sambil menunduk ke bawah. Pas lagi nunduk itu, gue gak sengaja ngelihat sepatu si pengendara. SEPATU PANTOFEL! Gue liat lagi ke atas, dan dia pake CELANA BAHAN! Guys, mana ada ojek pake sepatu pantofel ada celana bahan. Oke fix, dia bukan abang ojek. Aaaaak! Gue langsung ngasih selebaran ceban terus langsung nyibrit nyebrang nahan malu. :$


 Waktu SMA, gue juga pernah pas pagi-pagi naik ojek yang biasanya nganter gue. Pagi itu gue antara masih ngelindur dan udah melek. Gue bilang, "62 ya bang". Udah, habis itu gue gak merhatiin jalan. Tetiba gue sampai di SMA, tapiiiii bukan SMA gue! SMA Sudirman! Ya ampun bodoh banget gue gak merhatiin jalan saking ngantuknya. Alhasil abangnya muter balik nganterin gue ke sekolah aseli gue dan gue udah telat banget bray.. Gue sampein alasan kenapa gue telat ke guru yang piket dan dengan hancur gue diceramahin. "Kok bisa-bisanya?" "Untung kamu gak diculik!" "Makanya perhatiin jalan!" Belum lagi temen sekelas gue yang luar biasa kaya curut ngetawain gue gak kelar-kelar bahkan gue yakin sampe sekarang dia masih inget.

Udah yaa cukup cerita kebodohan guenya..
Satu lagi sih ada, masih kebodohan gue juga, huft..

Waktu SMP pas pulang sekolah, gue pulang pake ojek langganan gue. Gue udah akrab tuh sama bapak itu, sampe gue tau anaknya berapa, kelas berapa..
Pernah suatu hari, gue udah capek banget, pas mau bayar gue gak merhatiin lagi bayarnya berapa. Gue pikir udah pas sesuai yang biasanya gue bayar. Habis itu ya udah gue masuk dan langsung bobok siang. Pas bangun tidur, mbak gue bilang katanya ada bapak-bapak tukang ojek balikin duit gue Rp 20.000, katanya gue salah ngasih uang makanya dia ngembaliin duit gue. Subhanallaaah.. jarang banget gue nemu orang jujur macem beliau..
Padahal kalau dia mau pura-pura gak tau dan mau ambil ya bisa aja, toh gue juga gak nyadar. Tapi ya itulah, kejujuran itu lebih mahal dari apapun.

Sekian deh pengalaman ojek-mengojek dari gue. Kalau ada yang pengen melatih jiwa entrepreneur dengan mengojek, coba hubungi gue dulu siapa tahu gue bisa kasih saran dan tips 'n trik atau kiat jitu jadi ojek yang handal soalnya gue udah pernah merasakan jenis-jenis ojek selama beberapa dekade terakhir.

Bye Ojekers!
 
 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Beauty Review] Mustika Ratu Penyubur Rambut Hair Tonic

Rooftop Prince dan Raja Gyeongjong

[Beauty Review] Watsons Milk Yoghurt Lotion