Diusir di Bandara Changi - Singapore

Hoaah..

Sudah hampir tiga tahun blognya ga ditulis, padahal postingan terakhir (sebelum ini) isinya nyemangatin orang-orang buat nulis blog. Eeeh sendirinya malah gak ditulis blognya hehe.. Sebagai permintaan maaf, gue akan bagi-bagi coklat menceritakan pengalaman jahiliyah gue ke Singapore tanggal 22-25 Oktober 2016 lalu (gils, basi kali bray..).

Jadi begini ceritanya..

Akhir Oktober lalu, setelah semua pederitaan dan perjuangan yang gue lakuin selama hampir setahun kerja tanpa cuti, gue dan Bilbul (my very bestfriend) memutuskan untuk menambahkan cap di paspor kami dengan jalan-jalan ke negara tetangga. Niatnya sih mau ke Malaysia, tapi setelah browsing-browsing ternyata ramean di Singapore attractionnya, dan berhubung kami belum pernah ke sana juga, akhirnya kita ketuk palu buat cus ke sana.

Kami ke sana gak mau lama-lama, eh salah, dompetnya yang gak sanggup lama-lama, jadi kami memutuskan untuk pergi selama 3 hari dan tujuan utama kami ke Singapore adalah USS alias Universal Studio Singapore! Awalnya sih niatnya mau pergi Sabtu pulang Senin, tapi setelah dipikir-pikir, direnungkan, dan terbawa mimpi, kalau berangkatnya Sabtu, berarti ke USS hari minggu dong, terus kalau ke USS hari minggu berarti rame banget dong! Yah jadinya kami putusin buat berangkat Minggu pulang Selasa, biar ke USS nya gak begitu rame alias gak banyak berebutan mainan sama dedek-dedek karena perginya di hari Senin.

Setelah ditentuin, barulah kami hunting tiket. Nemu sih tiket buat berangkat di hari Minggu, tapi paling pagi jam 9 dan sampe sana jam setengah satuan coy! Belum ngantri keluarnya, bisa-bisa baru sore jalan-jalan di Singapurnya. Entah dapat ilham darimana, si Bilbul dapat ide buat berangkat Sabtu malam, jadi malamnya pas sudah sampai di Singapore, kami menginap dulu di Bandara Singapore biar besok paginya udah bisa jalan-jalan.

Sebenernya pas cerita ini ke beberapa orang, banyak yang nanya, "berani tidur di Bandara?", "emangnya boleh?" daaan serentetan pertanyaan lainnya. Berhubung kami sudah pernah bobok di Bandara Changi waktu kuliah dulu sepulang dari Thailand, jadi gue dan Bilbul ya nekat-nekat aja. Singkat cerita, jam 7 malam di malam minggu, pesawat kami langsung cuuss ke Singapore.

Sekitar jam 11 malam, kami tiba di Bandara Changi, Singapore. Suasana bandara waktu itu masih rame banget, toko-toko masih pada buka. Karena dulu gak sempet keliling Bandara, akhirnya sekarang kami memutuskan untuk keliling Bandara Changi yang super duper megah itu. Perjalanan kami dimulai dari terminal 2, lalu kami jalan kaki kebanyakan pake travelator ke terminal 3 dan terminal 1. Cuma ya emang badannya ringkih-ringkih semua, jam 1 udah ngantuk, kaki pegel pula, akhirnya kamu putusin buat cari tempat bobok yang asyik.

Akhirnya, di terminal 1 kami dapat juga spot sofa empuk yang depannya ada tvnya, akhirnya kami putusin buat bobok di situ. Jam setengah 2 pagi kami pun bisa merem-meremin mata dikit-dikit. Eeh.. baru sebentar rasanya meremin mata, tiba-tiba gue denger suara Bilqis lagi bincang asyik dengan mas-mas India yang berdiri di antara kursi kami. Bukan bincang-bincang asyik sih, tapi doi semacam satpol PP-nya Bandara Changi yang mau ngecek paspor dan tiket kami. Setelah di cek, dia nanya, "Apakah kalian punya penerbangan berikutnya setelah ini?", terus Bilqis bilang gak ada. Akhirnya dengan tegas dia bilang kalau gitu, kami berdua harus segera keluar dari Bandara Changi, padahal waktu itu masih sekitar jam setengah 4 pagi dan kami bocah-bocah cilik harus diusir dari dari bandara yang aman itu. Bilbul sempet nego sih, dia bilang jam 5 kami akan keluar dari Bandara, tapi si mas India itu tetep kekeuh nyuruh kami keluar saat itu. Bahkan dia bener-bener nungguin kami dari pakai jaket, beres-beres tas, sampai bangun dari sofa tersebut untuk memastikan kami benar-benar pergi dari situ.

Sebelum pergi, Bilbul sempet nanya lagi, dimana tempat beli STP alias Singapore Tourist Pass buat naik kereta atau bus, eh si mas-mas India itu bilang, "Saya tidak bisa beritahu Anda. Anda harus keluar dari sini sekarang." Uuuh gimana gak gedek ya! Ibaratnya, dia nyuruh kami keluar tapi gak mau kasih tau dimana pintu exitnya. Kan kzl bgt.

Akhirnya kita pergi dan langsung cus dulu ke toilet buat cuci muka, sikat gigi, sambil ngegosipin mas-mas India itu. Setelah selesai, kami langsung mencari information center buat nanya dimana tempat beli STP, dan ternyata hanya ada di terminal 2. Itu tandanya kami harus balik lagi ke terminal tempat kami tiba di Singapore. Ya Allah, cobaan apa ini..

Setelah liat petunjuk-petunjuk arah di Bandara, baru sadar kalau di Bandara ada skytrain buat pindah-pindah terminal. Akhirnya kami putusin buat naik skytrain karena badan masih ringkih. Skytrain itu pun ternyata baru beroperasi sekitar jam 5 pagi. Tapi pas kami ke sana, ternyata ada beberapa orang yang nunggu skytrainnya beroperasi lagi sambil ngantuk-ngantuk. Sambil nunggu, lumayanlah kami bisa merem-meremin mata sedikit lagi sampai akhirnya pintu skytrain terbuka dan siap mengantar kami ke terminal 2.

Gara-gara kejadian itu, kita yang entah polos apa ogeb akhirnya baru menyadari kalau ternyata para turis hanya diijinkan beristirahat atau bermalam di bandara Singapore kalau esoknya kita masih ada penerbangan lagi alias lagi transit menunggu penerbangan selanjutnya. Kalau tujuan akhirnya memang Singapore, ya nyampainya mau pagi kek, malam kek, tetep kita harus segera keluar dari bandara karena ada petugas yang keliling buat mengecek turis di situ.

Dulu sih, memang gue bisa diijinkan tidur di bandara karena memang gue lagi transit. Jadi, gue dari Bangkok mau ke Jakarta, tapi harus transit dulu di Singapore. Nyampai di Singapore sekitar tengah malam, dan baru berangkat lagi jam 9 pagi. Jadi, yang kayak gini kasusnya tentu diperbolehkan menginap di bandara. Tapi kalau kasusnya kayak gue di cerita tadi, ya I kudu out dari bandara. Atau kalau mau nekat ya main kucing-kucingan sama petugasnya. Loh, kok jadi ngajarin bandel sih, hehehe..

Segitu aja sih, sharing pengalaman gue diusir sama petugas bandara Changi, Singapore. Yang namanya jalan-jalan itu pasti ada enak gak enaknya, tapi selama kitanya enjoy, yaa cerita-cerita kayak gini justru yang bikin lucu nantinya. Jadi nikmatin aja :) Semoga kalian gak ngalamin pengalaman kayak gini yaa.. Atau, malah ada yang penasaran rasanya diusir sama mas-mas India? Share di komentar yuk!